Kamis, 25 Februari 2010

alat bantu POD

ALAT BANTU POD
Alat bantu yang akan maksudkan dalam pembahasan ini adalah alat bantu audiovisual untuk membantu proses pendidikan orang dewasa. Alat bantu audiovisual adalah bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkandalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide.
Efektivitas pengajaran orang dewasa seperti yang disebut dalam prinsip pendidikan orang dewasa tergantung pada pengertian yang jelas, tetapi ada beberapa konsep yang tidak disampaikan sejelas dan selengkap jika menggunakan alat bantu audiovisual. Idealnya tidak hanya tergantung pada alat bantu audiovisual atau ucapan saja, tetapi dapat juga dilakukan dengan mengkombinasikan keduanya sesuai dengan keinginan orang atau kelompok yang berkepentingan.
Beberapa kesalahan persepsi mengenai alat bantu audiovisual (ABAV). (1) ABAV bukan suatu bentuk pendidikan tersendiri, melainkan merupakan sarana untuk melengkapi bahan pengajaran. (2) ABAV bukan hanya berupa gambar hidup. (3) ABAV bukan untukmenarik perhatian, tetapi untuk mengurangi usaha belajar. (4) ABAV bukan sesuatu yang baru, melainkan sudah digunakan sejak lama. (5) ABAV bukan sesuatu yang dapat mengatasi segala hambatan pengajaran.
ABAV tidak diragukan lagi dapat membantu dalam pengajaran apabila dipilih secara bijaksana dan digunakan dengan baik. Dapat membantu memberikan konsep pertama atau kesan yang benar, mendorong minat, meningkatkan pengertian yang lebih baik, melengkapi sumber belajar yang baik, menambah variasi metode belajar, menghemat waktu, dll.
Prinsip penggunaan ABAV
1. Menentukan alat bantu yang digunakan. Alat bantu tertentu hanya baik digunakan untuk waktu tertentu.
2. Menggunakan alat. Alat bantu harus disajikan pada waktu yang tepat. Alat juga harus digunakan secara tepat. Alat bantu digunakan untuk mengajarrkan sesuatu. Penggunaan alat bantu harus dapat mendorong partisipasi belajar. Penggunaan alat bantu harus direncanakan dengan matang. Setelah digunakan, alat bantu harus disimpan dengan baik.
Beberapa jenis ABAV yang biasa digunakan :
1. Film.
Kelebihan : menarik perhatian, dapat menunjukkan langkah / tahapan yang diperlukan untuk melakukan suatu tugas, dapat menayangkan peristiwa yang telah terjadi, dapat dipercepat atau diperlambat untuk menganalisis tindakan atau pertumbuhan tertentu, dapat diperbesar agar terlihat lebih jelas, dapat menimbulkan emosi, dll.
Kekurangan : mahal, baru bermanfaat jika digunakan sebagai pelengkap dari metode pengajaran yang lain.
2. Slide dan Filmstrip.
Kelebihan : dapat dibuat oleh individu dengan biaya murah, relatif ringan dan mudah dibawa-bawa, dapat diubah-ubah menurut urutan waktu dan tempatnya.
Kelemahan : tidak dapat menunujukkan gerakan, biasanya membutuhkan narasi langsung, kecuali dinarasikan dengan tape recorder.
3. Tape recorder.
4. Televisi dan Video tape
5. Radio
Duajenis siaran radio yang biasa dimanfaatkan untuk program penyuluhan atau pendidikan nonformal : (1) siaran terbuka ; penyusunprogram menyerahkan naskah siaran, seperti pengumuman atau warta berita yang dibacakan secara langsung atau direkam untuk digunakan pada program yang telah dijadwalkan. (2) kelompok pendengar siaran terbuka ; pelayanan penyuluhan di banyak negara menggunakan pendekatan yang biasa disebut kelompok pendengar, atau sekolah radio.
6. Overhead projector
7. LCD projection panel
Perbedaan OHP dengan LCD : LCD dipersiapkan dengan fasilitas power point sedangkan OHP menggunakan transparansi, LCD menggunakan komputer OHP dengan manual, LCD dapat berwarna OHP hitam-putih.
8. Papan tulis, chart, dan peta.
9. Papan panel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar